Siapkan Calon Pemimpin Patriotik, Pramuka MAN 1 Kulon Progo Gelar Diklat Dewan Ambalan

Dalam rangka menyiapkan para calon pemimpin yang berjiwa patriotik, Gerakan Pramuka Gugusdepan 12.01.07.087 dan Gugus Depan 12.01.07.088 yang berpangkalan di MAN 1 Kulon Progo menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dewan Ambalan (Dewan Penegak). Kegiatan diikuti oleh 32 calon Pengurus Dewan Ambalan dan 8 (delapan) pengurus aktif sebagai Pendamping.
Tujuan digelarnya diklat untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi para calon pengurus. Demikian disampaikan Pembina Pramuka MAN 1 Kulon Progo, Muhammad Nur Habibi, S.Pd. ketika dihubungi di ruang AVA madrasah setempat, Jum’at (4/11/2022) beberapa saat sebelum kegiatan dimulai.
Prosesi Diklat diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Pramuka. Sambutan sekaligus Pembukaan Diklat oleh Ketua Majlis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus), dan Penyampaian Materi Diklat yang dilaksanakan secara Indoor Activity dan Outdoor Activity.
Selanjutnya kegiatan dibuka langsung oleh Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. Kamabigus hadir didampingi Kepala Tata Usaha, H. Surandi, S.Pd.I., Waka Kesiswaan, Mujiyana, S.Pd., dan para Pembina Pramuka MAN 1 Kulon Progo.
Dalam sambutan pembukaan, Kepala Madrasah menyampaikan pesan bahwa Pramuka dengan model pendidikannya telah membuktikan berhasil menjadikan generasi yang patriotik, tangguh, rela berjuang, rela menolong, dan rela berkorban. “Secara filosofi, esensi, dan implementasi Pramuka telah berbagi. Mari kita teruskan selalu berbakti dan berdarma kepada negeri, sesuai motto Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan,” ajak Edi
Diklat menghadirkan nara sumber Pengurus/Andalan Daerah Kwarda XII DIY, Kak Bagus Wahyudi, S.Pd., dan Pengurus/Andalan Cabang Kulon Progo, H. A. Khudlori, S.Ag., M.Pd.I. Dalam paparannya, Bagus Wahyudi menyatan bahwa Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal dan wadah pembinaan generasi muda, mengharuskan adanya tiga aspek, yaitu: Patriotis, Demokratis, dan Humanis. (khd/***)